Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bayangan di Canva

how to make drop shadow

Drop shadow atau bayangan adalah efek grafis yang membuat elemen terlihat lebih tiga dimensi dan "muncul" dari gambar. Menggunakan editor gambar, duplikat teks dibuat, diubah menjadi hitam atau abu-abu dan kemudian melewati filter. Hasil kabur disejajarkan di bawah teks asli untuk menciptakan efek. 

Tutorial Canva ini akan mengajari Anda cara membuat drop shadow di Canva, hanya dalam beberapa langkah sederhana! Memperhatikan interaksi cahaya dan bayangan dalam kehidupan nyata dapat memberi kita beberapa inspirasi hebat untuk membuat desain kita terlihat lebih hidup. 

Kebanyakan dari kita hanya memiliki kemampuan untuk mendesain dalam dua dimensi. Tetapi kita semua terbiasa melihat sesuatu dalam tiga dimensi, dan terkadang hal itu menciptakan keterputusan visual antara apa yang biasa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari dan apa yang kita lihat di atas kertas atau di layar. 

Menambahkan elemen cahaya dan bayangan ke dalam desain Anda dapat membantu menjembatani kesenjangan itu, memberikan desain 2D Anda tampilan yang lebih realistis, hampir seperti 3D. Langkah-langkah Membuat Drop Shadow di Canva 

Catatan: Metode ini berfungsi paling baik saat Anda mencoba menambahkan bayangan jatuh ke gambar yang merupakan salah satu jenis bentuk standar Canva (persegi, persegi panjang, lingkaran, segi lima, segitiga, dll.). 

Untuk keperluan tutorial Canva ini, kita akan membuat ulang gambar yang terlihat di atas. Meskipun bayangan jatuh atau drop shadow ini untuk bentuk lingkaran, langkah-langkahnya dapat diterapkan ke bentuk apa pun di Canva. 

langsung saja kita ke tutorial

  1. Pilih Bentuk
    Bayangan Jatuh Canva menawarkan berbagai pilihan bentuk. Pilih bentuk berwarna solid dari bagian elemen di Canva. Dalam contoh ini, kami akan memilih opsi lingkaran standar.

  2. Edit Warna Bentuk
    Selanjutnya, kita akan melakukan beberapa pengeditan pada bentuknya. Dalam kebanyakan kasus, Anda ingin drop shadow Anda menjadi beberapa variasi hitam atau abu-abu. Jadi saya pilih warna yang mendekati abu-abu



  3. Simpan Bentuk sebagai JPEG atau PNG
    Untuk membuat bayangan, kita sekarang perlu menyesuaikan pengaturan lingkaran abu-abu kita. Untuk melakukan ini, kita perlu menyimpan gambar sebagai JPEG atau PNG. Saat Anda menyimpan gambar Anda, pastikan Anda memilih kotak "latar belakang transparan" sebelum mengklik unduh



  4. Unggah Gambar ke Canva
    Selanjutnya, kita perlu mengunggah gambar ini ke Canva. Untuk melakukannya, cukup klik tab unggahan di Canva, klik unggah dari perangkat, dan pilih file yang baru saja Anda unduh.



  5. Sisipkan Gambar yang Baru Dibuat
    Anda sekarang dapat menghapus gambar lingkaran abu-abu asli (sekarang Anda memiliki layar kosong). Pilih gambar melingkar yang baru saja Anda unggah dari tab unggahan Anda:



  6. Meningkatkan Blur dan Transparansi
    Tidak seperti sebelumnya, ketika lingkaran abu-abu Anda hanya sebuah bentuk, sekarang menjadi gambar, yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan.
    Klik pada bentuk Anda dan pilih tombol sesuaikan. Di bawah menu penyesuaian, tingkatkan efek "buram". Anda dapat bermain-main dengan pengaturan ini nanti untuk menyempurnakan, tetapi sebagai template kasar, tingkatkan keburaman menjadi ~40.

    Selanjutnya, Anda ingin meningkatkan transparansi gambar Anda. Seperti langkah sebelumnya, nanti Anda dapat kembali dan menyesuaikan pengaturan ini sesuai keinginan Anda, tetapi untuk tujuan contoh ini, sesuaikan transparansi ke ~25.



  7. Tambahkan Bingkai Gambar
    Anda sekarang memiliki bayangan untuk gambar Anda! Selanjutnya, Anda perlu menambahkan bingkai gambar yang sesuai (jadi lingkaran dalam kasus ini). Bingkai dapat ditemukan di bawah tab elemen:




  8. Sesuaikan Bingkai Gambar
    Selanjutnya, kita perlu menyesuaikan bingkai gambar kita sehingga sedikit lebih kecil dari bayangan kita. Kita juga dapat memindahkan bingkai di sekitar bayangan untuk membuat bayangan yang berorientasi ke beberapa arah. Umumnya, bentuk Anda harus sedikit diimbangi dari bayangan Anda untuk menciptakan ilusi cahaya.
    Pada contoh di bawah ini, bingkai saya sedikit diimbangi ke sudut kanan atas, sehingga tampak bahwa ini adalah arah datangnya cahaya:


  9. Tambahkan Gambar ke Bingkai
    Akhirnya, kita perlu menambahkan gambar kita. Klik pada foto atau unggahan, dan seret gambar ke atas bingkai melingkar. Jika Anda mengklik dua kali pada gambar di dalam bingkai, Anda dapat menyesuaikan posisi gambar tertentu.



Kesimpulan
Canva adalah alat desain grafis yang luar biasa, dan saya harap tutorial ini bermanfaat bagi Anda! Klik di sini untuk membaca Panduan Canva kami yang komprehensif. Jika Anda tertarik untuk mengunduh Canva atau mencoba Canva Pro secara gratis, klik di sini. Berikut adalah beberapa tutorial Canva terkait yang mungkin berguna bagi Anda: