Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Awas, ini Dampak Buruk Jika Bekerja Terlalu Berlebihan

 

Dampak buruk jika kamu bekerja terlalu keras bagai kuda

Tipsbudy.id- halo kawan, apakah kamu sekarang bekerja? Bagaimana pekerjaanmu? Asik atau malah kamu terbebani karena bekerja melebihi aturan? Ingat ya sesuati yang dilakukan dengan berlebihan adalah tidak baik.

Sebenarnya bekerja keras tidaklah buruk, ada memang orang yang suka bekerja keras atau bahasa kerennya workaholic, yang suka pulang selalu belakangan di kantor atau bahkan di hari libur pun masih tetap bekerja. Pokoknya hidupnya itu isinya Cuma kerja, kerja dan kerja.

Lalu mau sampai kapan kamu harus terus bekerja terus menerus? Padahal hidup tidak melulu soal karir, adakalanya kamu harus meluangkan waktu untuk istirahat sejenak untuk menyalurkan hobi kamu, kamu punya kehidupan sendiri, kamu juga punya keluarga dan teman di dunia ini.

Jangan Cuma asik bekerja  mengejar karir tanpa henti. Ini namanya kamu sudah berlebihan dan melebihi batas waktu untuk bekerja. Selain mengganggu kesehatan fisik hal ini juga mengganggu kesehatan mental kamu. Apa saja sih bahaya nya jika kamu berkerja secara berlebihan?

 

1.       Kehilangan fokus dan gampang marah.
Yang pertama adalah kamu jadi kehilangan fokusmu dan jadi gampang marah. Kerja berlebihan bukannya beres, itu malah bikin kamu kehilangan fokus. Kok bisa? Karena kamu hanya memikirkan untuk segera menyelesaikan pekerjaan walaupun itu tidak dikejar deadline.

 Memang bagus sih bekerja seperti itu, tetapi ini akan membuat kamu menjadi overload dan menghilangkan konsentrasimu. Selaiin itu kamu jadi gampang marah karena kamu ingin buru buru menyelesaikan pekerjaanmu.

jangan lupa untuk beristirahat sejenak, membuat badanmu rileks dan kamu akan siap untuk mengerjakan pekerjaanmu.

 

2.      Menjauhkan yang dekat.
Bekerja sangat keras, selalu menghabiskan waktu di kantor atau tempat kerja, tanpa sadar hal semacam ini dapat menjauhkan kamu dari keluarga, seperti suami istri, orang tua, anak atau bahkan sahabat.

Bagaimana tidak, komunikasi mereka akan berkurang karena kamu hanya menghabiskan waktu dengan bekerja tanpa memiliki waktu jeda. Coba saja introspeksi diri, apakah dalam beberapa hari ini kamu sudah menanyakan kabar mereka? Apakah mereka baik baik saja?

Jika kamu tidak tau hal ini itu tandanya kamu sudah menjauh dari mereka. Itu karena pekerjaanmu, bila kondisinya seperti ini, mulailah untuk berubah.

Setelah pulang dari tempat kerja atau setelah habis jam kerja, pulanglah tepat waktu. Ada keluarga yang menanti dirumah atau jika jauh diluar kota, sempatkan untuk mengirim pesan teks atau menelpon untuk menanyakan kabar mereka. Jangan sampai hubungan kamu dan keluarga menjadi renggang karena pekerjaanmu.

3.      Membawa pekerjaan kerumah.
terlalu bekerja dengan keras sampai membawa pekerjaan kerumah jika pekerjaan belum selesai dan mengerjakannya ketika sampai dirumah. Kamu berfikir kalau tidak dikerjakan pekerjaan akan menumpuk memanglah bagus tetapi kamu tidak perlu memaksakan diri

jika kamu deadline nya masih panjang kamu bisa mengerjakannya lagi dikantor esok hari, gunakan waktu istirahatmu untuk benar benar istirahat.

4.      Menghindar dan lari
kamu sangat suka pekerjaanmu sekarang dan tiba tiba kamu jadi ingin lari dari kerjaan itu bisa jadi kamu terlalu keras bekerja. Kamu jadi hilang semangat dan segera mengakhiri kerjaanmu saat ini.

hati hati jika kamu merasa depresi, merasa sedih dan putus asa karena bekerja terlalu keras itu akan membuat semua yang kamu lakukan akan sia sia. Bukan malah bergairah tapi kinerja kamu menurut dan kinerja kamu jadi berkurang dan tidak mau lagi bekerja keras.

segera istirahat dan manfaatkan dengan sebaik baiknya ya.

 

5.      Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat
ketika kamu bekerja terlalu keras kamu tidak akan bisa lagi memikirkan kesehatan tubuhmu, adakalanya kamu hanya berfikir untuk makan tanpa berfikir bahwa makanan itu tidak sehat, kamu lebih memilih fast food yang jelas bahaya jika dikonsumsi terus menerus.
strees mungkin bisa hilang tapi resiko kesehatan akan terancam.

Mungkin itu sebagian hal yang kamu dapatkan jika kamuterlalu keras bekerja, adakalanya memang bagus jika kita bekerja keras, tapi seharusnya diimbangi dengan kehidupan lainnya juga. Waktu adalah hal yang tidak bisa dibeli dan itu sangat berharga. Manfaatkanlah waktu dengan bijak dan tetap semangat ya teman teman.