Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Islam Agar Hati Selalu Tenang

Semua orang pasti pernah merasakan sedih, kecewa, tidak tenang, gelisah bahkan putus asa, bahkan pasti dari kalian kemari karena mencari jawaban tentang Mengapa kita bersedih?.


Tentunya dalam hal ini, kita tidak boleh terlalu berlarut-larut dalam hal ini, karena lambat laun akan mempersulit kita dan membuat fikiran kita jadi lebih kacau.

selayaknya kita sebagai kaum muslim kita diwajibkan untuk berserah hanya kepada Allah SWT dengan cara berdoa dan ber dzikir sesuai dengan apa yang diperintahkan didalam Al-Quran dan Hadist.

Berdoa adalah aktivitas ibadah yang sangat mulia dan bahkan membuat hati kita menjadi tenang dan tentram, Oleh karenanya kita dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan Berdoa dalam sedih maupun senang, lapang atau sempit dan sehat maupun sakit.

Berikut tips yang kalian bisa coba.

  1. Tetap bersabar.
    Dalam setiap masalah kita harusnya mengusahakan untuk sabar dalam menghadapinya, walau masalah yang kita hadapi mungkin sangat berat bagi kita dan membuat kita menjadi gelisah, merasa tidak tenang karena setiap harinya selalu menghadapinya. tapi kita harus tau setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.


  2. Mendengarkan dan membaca Al-Quran
    Membaca dan mendengarkan Ayat suci Al-Quran adalah obat mustajab penyakit hati. Bahkan apabila kita Membaca dan mendengarkan Al-Quran dengan khusyuk, Maka hati kita akan merasa terang, fikiran menjadi jernih, dan batin akan merasa tentram dan damai.

  3. Perbanyak istigfar dan Dzikir
    Dzikir dan istigfar dapat menenangkan hati dan pikiran.
    Terdapat dua amalan wirid dzikir yang dapat dilakukan agar hati menjadi tenang,
    pertama dzikir
    “Hasbunallah wa ni’mal wakiil”

    dan kedua, dzikir “la haula wala quwwata illa billah”.

  4. Sholat tahajud
    Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, “ sholat manakah yang paling utama setelah shalat wajib?” Rasulullah menjawab,”Shalat Tahajud”. (HR. Muslim).

    Berdasarkan hadits diatas keutamaan sholat tahajud menjadi sangat luar biasa karena waktu mengerjakan sholat ditengah malam disaat kebanyakan manusia terlelap dalam tidur. Dalam kondisi hening, sunyi dan tenang sehingga kita dapat lebih khusuk mendekatkan diri kepada Allah. Ketentraman dan ketenangan akan kita peroleh saat melaksanakan sholat tahajud.

  5. Selalu mengingat Allah SWT
    Selalu mengingat Allah akan mendatangkan ketentraman dan kedamaian hati. Sesuai dengan
    firman Allah dalam surta Ar-Ra’d ayat 28.

    Yang artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."


Demikianlah, penjelasan mengenai tips penenang hati. semoga tips kali ini bisa senantiasa membuat hati kita menjadi tenang dan damai, karena dengan selalu mengingat Allah Kita tidak akan pernah kecewa.