Hidup itu pilihan, merasakan jatuh bangun itu perlu

Semua orang punya masalahnya sendiri, termasuk menentukan pilihan hidupnya dari mulai kecil kita selalu ditentukan dengan pilihan. Ketika semuanya berjalan teratur, tentu akan lebih mudah bukan? Hidup tak melulu tentang takdir, tapi tentang jalan kehidupan yang akan dikenang selamanya.

Lihatlah keadaan sekitarmu, Hal sekecil apapun dapat membuat perubahan yang sangat besar. Coba fikirkan apa yang terjadi jika kamu selalu berpasrah dengan takdir? Tentu akan banyak hal yang akan terjadi. Hidup itu memang seperti air mengalir, Namun dialiran itu juga pasti banyak rintangan yang harus kita lawan dengan bijak.

Everything is a choice. via www.pexels.com

Everything is a choice. Pertama, kamu harus meluruskan pikiranmu dulu. Kamu hidup untuk apa dan siapa. Kedua, pikirkan tujuan dan masa depanmu, karena hidup punya masa depan. Dan ketiga, kenapa kamu ditakdirkan untuk hidup dan memilih jalan sendiri. Semua butuh petunjuk dan arah agar tak tersesat, seperti peta. 

Dan sekarang semua terserah padamu, pikirkan baik-baik. Dengan hati yang bersih dan pikiran jernih. Renungkan semua itu, perbuatan yang selama ini telah kamu perbuat. Sebenarnya hidup itu pilihan atau takdir? Semua pertanyaan itu hanya kamu yang bisa menjawabnya. Hidupmu dan orang lain itu berbeda, punya jalan masing-masing.

Jadi, orang sukses itu pilihan, tapi menjadi orang yang hidup itu takdir. Kamulah yang menentukan ingin menjadi seperti apa nantinya, walaupun sudah ada takdir, tapi bukan alasan untuk tidak memilih bukan? Semua butuh pilihan, tapi sudah ada yang mengatur takdir kita seperti apa. Jadi apa jawabanmu? Hanya kamu yang dapat memilih, bukan yang lain.