Tips Cara Menghemat Batrei smartphone android


Cara Menghemat Batrei android-Memang menghemat baterai android tidaklah mudah di lakukan. Bahkan aplikasi menghemat baterai terbaik pun tidak bisa bekerja maksimal untuk menghemat baterai hp android sobat.

Banyak sekali faktor yang dapat menguras kekuatan baterai android.



Terutama Tehnologi layar bawaan android seperti AMOLED dan LCD merupakan faktor terbesar yang menguras daya baterai di android sobat.Nah, sekarang saya akan memberikan tips cara menghemat baterai android yang benar dan bisalangsung di coba di android sobat.Lanjutkan membaca artikel ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuat baterai android sobat bisa bertahan lebih lama.


Cara menghemat baterai android Memang cara menghemat baterai android selalu saja menjadi perdebatan. Banyak orang yang menerima dan tidak sedikit pula orang yang mengatakan tidak ada bedanya.Jadi sobat bisa pilih sendiri cara mana yang benar-benar bekerja untuk menghemat baterai androidmu.


1. Pakailah Wallpaper Hitam

Jika android sobat memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan perangkat Samsung), gunakanlah wallpaper berwarna gelap.Cara menghemat baterai android dengan memakai wallpaper hitam dampaknya akan sangat baik jika di gunakan oleh android yang memiliki tehnologi layar AMOLED.


Karena layar AMOLED hanya menerangi bagian layar yang berwarna saja.AMOLED (Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode) Sesuai namanya, layar amoled terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik.


Nah jika memakai wallpaper hitam, maka layar akan terlihat gelap sehingga daya baterai yang dipakai akan lebih sedikit untuk menerangi layaryang gelap tersebut.Teman-teman kita di ForumXDA Developer stelah melakukan percobaan kecil dan hasilnya adalah kita dapat menghemat sekitar 6% daya baterai/ jam pada 20% brightness dengan menggunakan wallpaper hitam pada layar AMOLED.


2. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Cara menghemat baterai android dengan mengatur tingkat kecerahan layar serendah mungkin sangat efekif untuk mengurangi daya baterai yang dipakai untuk menerangi layar.Sobat pasti tahu kan, untuk menghidupkan cahaya yang terang di butuhkan daya baterai yang tinggi.


Untuk itu tidak ada salahnya mengatur kecerahan layar ke tingkat terendah, tetapi sobatmasih merasa nyaman saat melihat layar android sobat.Jangan menggunakan fitur auto brigtness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya ambient ruangan.Karena fitur auto brightness akan memberikan tingkat kecerahan layar lebih dari yang sobat butuhkan.


Cara menghemat baterai android ini jauh lebih baik dilakukan secara manual untuk bisa menghasilkan tingkat kecerahan yang super rendah dan masih nyaman untuk dilihat.Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai sobat. Karena layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar di android sobat.


3. Atur Waktu Tidur Android
Cara menghemat baterai android yang ke tiga adalah dengan mengatur waktu tidur android. Waktu tidur yang saya maksud adalah waktu ketika layar mati secara otomatis saat android tidak digunakan.Idealnya jika layar semakin lama menyala, semakin banyak pula daya baterai yang terkuras.Hal ini sudah saya jelaskan di cara menghemat baterai android no 2 diatas.


Layar adalah salah satu penghisap daya terbesar di android. Itulah sebabnya lebih baik mengatur waktu tidur android sesingkat mungkin untuk mengurangi konsumsi daya baterai.Coba sobat bayangkan, jika waktu tidur layar android diatur untuk tidur dalam hitungan menit maka konsumsi baterai yang di hasilkan empat kali lipat lebih banyak jika di bandingkan denganmengaturnya hanya dalam waktu 15 detik.


4. Matikan Fitur Pintar Android


Cara menghemat baterai android yang keempat mungkin agak sedikit berat untuk dilakukan, karena kita harus mematikan fitur pintar pada android kita.Fitur pintar seperti auto rotation (rotasi otomatis)membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit.


Begitu juga air gesture yang kebanyakan di miliki oleh perangkat samsung high end.Memang fitur pintar tersebut nyaman sekali di gunakan. Tetapi jangan kaget jika daya baterai yang di pakai akan terkuras lebih banyak.Jadi jika fitur tersebut tidak sering digunakan, lebih baik di matikan saja. Karena meskipun tidak terlihat, fitur pintar tersebut juga banyak menguras daya baterai.


5. Matikan getaran dan umpan balik

Salah satu penguras daya baterai lainya adalah sistem getaran yang ada pada android.Jika sobat berfikir bahwa mematikan getaran (vibrate) tidak berpengaruh untuk menghemat baterai android, maka sobat salah besar.Karena motor elektrik yang digunakan untuk menggerakkan getaran akan menguras energi yang besar pada baterai android.


Semakin sering digunakan maka semakin banyak pula energi yang terbuang.Untuk itu jika ingin menghemat baterai android, matikan saja sistem getar di android kita. Baik saat ada telephone masuk, SMS, atau getaran umpan balik (haptic feedback).


6. Gunakan pemberitahuan layar kunci

Salah satu daricara menghemat baterai androidyang terbaik adalah dengan menggunakan pemberitahuan layar kunci, terutama jika android sobat memiliki layar AMOLED.Hal ini karena sobat dapat melihat pemberitahuan sekilas tanpa harus membuka seluruh layar android sobat.


Lho, kok bisa begitu?Begini sobat, Jika ada pemberitahuan yang tidakpenting masuk ke android kita, apakah sobat akan menyia-nyiakan daya baterei hanya untuk melihat pemberitahuan tersebut?Tentu tidak kan?Untuk itu sangat penting menghemat baterai android dengan cara menggunakan pemberitahuan layar kunci.


Pemberitahuan layar kunci standar ada pada Android Lollipop.Jika sobat menggunakan Android KitKat atau sistem oprasi yang lebih tua, coba gunakan widget layar kunci yang ada di playstore.Sobat akan bisa mendapatkan semua pemberitahuan tanpa harus membuka ponsel android sobat sepenuhnya.


7. Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data

Cara menghemat baterai android yang selanjutnya adalah dengan mematikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan Data android jika tidakdigunakan.Mengapa mereka harus dimatikan?Karena jika semua menyala maka mereka akan terus-terusan mencari sinyal meskipun sebenarnya fitur tersebut tidak kita pakai.


Proses pencarian sinyal inilah yang akan menguras daya baterai android kita.Untuk itu nyalakan semuanya jika sobat butuhkan saja, agar konsumsi daya yang di pakai tidak terlalu banyak.


8. Kurangi Widget yang berlebih

Kurangi widget yang tidak benar-benar sobat butuhkan. Terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca.Jika sobat memiliki beberapa widget di beberapalayar home yang terus sinkronisasi dan memperbarui, seperti Twitter, facebook, cuaca, Gmail dan banyak lagi, maka widget tersebut akan menguras baterai android sobat.Sayang kan kalau daya baterai terkuras untuk hal yang tidak penting.


Cara menghemat baterai android ini tergolong mudah, karena kita tidak harus memakai widget yang tidak perlu.Tekan saja aplikasinya ketika sobat membutuhkanya. Dengan begitu baterai android sobat tidak akan terkuras dengan cepat.Disamping itu mengurangi widget juga dapat mempercepat kinerja android yang lemot.


9. Gunakan Modus Hemat Baterai

Cara menghemat baterai androidyang selanjutnya adalah dengan menggunakan modus hemat baterai.Android lolipop memiliki modus hemat baterai (power saver) standart yang akan bekerja jika baterai android dalam keadaan low batt.Power saver tersebut akan meredupkan layar dan mematikan semua aplikasi yang berjalan ketika baterai dalam keadaan low.Dengan begitu daya baterai akan bertahan lebih lama dari seharusnya.


mungkin segitu dulu tips Menghemat batre smartphone android semoga tipsnya bermanfaat ya sobat

Iklan Atas Artikel

tengah

iklan tengah 2

Iklan Bawah Artikel